Jenis e-Commerce
Jenis e-Commerce terdiri dari sebagai berikut:
- Business to Customer (B2C). B2C adalah pihak penjual merupakan suatu organisasi bisnis dan pihak pembeli adalah perorangan. Karakter B2C:
- Servis yang diberikan bersifat umum (generic) dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh khalayak ramai. Sebagai contoh, karena sistem Web sudah umum digunakan maka servis diberikan dengan menggunakan basis Web
- Servis diberikan berdasarkan permohonan (on demand). Konsumer melakuka inisiatif dan produser harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan.
- Pendekatan client/server sering digunakan dimana diambil asumsi client (consumer) menggunakan sistem yang minimal (berbasis Web) dan processing (business procedure) diletakkan di sisi server.
- Business to Business (B2B). B2B adalah pihak penjual dan pembeli merupakan organisasi bisnis. Karakteristik B2B:
- Trading partners yang sudah diketahui dan umumnya memiliki hubungan (relationship) yang cukup lama. Informasi hanya dipertukarkan dengan partner tersebut. Dikarenakan sudah mengenal lawan komunikasi, maka jenis informasi yang dikirimkan dapat disusun sesuai dengan kebutuhan dan kepercayaan (trust).
- Pertukaran data (data exchange) berlangsung berulang-ulang dan secara berkala, misalnya setiap hari, dengan format data yang sudah disepakati bersama. Dengan kata lain, servis yang digunakan sudah tertentu. Hal ini memudahkan pertukaran data untuk dua entiti yang menggunakan standar yang sama.
- Salah satu pelaku dapat melakukan inisiatif untuk mengirimkan data, tidak harus menunggu parternya.
- Model yang umum digunakan adalah peer-to peer, dimana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.
- Customer to Customer (C2C). C2C adalah perorangan menjual produk atau jasa ke perorangan lainnya.
- Business to Employee (B2E). B2E adalah suatu organisasi menggunakan e-commerce di dalam internal organisasi dan memberikan informasi serta layanan produk dan jasa pada para pegawainya.
- E-Government: eGov adalah penggunaan teknologi internet dan e-commerce untuk memberikan layanan informasi mengenai layanan publik kepada masyarakat (disebut sebagai G2C EC, atau rekan bisnis dan supplier (disebut government to business (G2B EC))
- Mobile Commerce (mCommerce). mCommerce adalah kegiatan belanja melalui internet menggunakan fasilitas wireless dan smartphone.