Rencana Bisnis untuk e-Commerce

Rancangan bisnis untuk membuat E-Commerce tidak terlepas dari perancangan E-Bisnis. Seperti kita ketahui sebelumnya kalau E-Bisnis merupakan ekosistem bisnis online sedangkan E-Commerce merupakan pendukung E-Bisnis dalam menciptakan keuntungan meliputi transaksi dan dukungan terhadap E-Bisnis dan pelanggan.





Langkah perancangan EBisnis

1. Diagnosa diri (Self Diagnosis)
  • Apakah inovasi teknologi menciptakan cara baru dalam menjalankan bisnis dan membawa perubahan prioritas dalam perusahaan?
  • Apakah perusahaan memberikan respon atas perubahan harapan pelanggan?
  • Apakah perusahaan mau mengetahui dan mengubah asumsi industri untuk mengambil keuntungan dalam kesempatan – kesempatan baru dengan tetap mempertahankan investasi sumber daya manusia, aplikasi dan data?
  • Apakah perusahaan berhasil dalam menurunkan biaya operasi dan membuat aplikasi bisnis yang adaptif dan fleksibel dalam mengatasi tekanan pasar?
Analisisnya adalah jika semua jawabannya adalah "Ya", maka hasilnya adalah diri kita merupakan inovator atau market leader, jika hasilnya sebagian besar jawaban "Ya", maka hasilnya adalah diri kita merupakan Early Adapter atau Visionary, dan jika sedikit jawaban "Ya", maka diri kita adalah seorang Silent Majority.


2. Pengembalian rantai nilai (reverse the value chain)

Perancangan Bisnis Tradisional
  • In-house Core Competencies
  • Rigit Infrastructures / Processes
  • Products / Services
  • Channel
  • Custumers

Pengembangan eBisnis
  • Coustomer Needs
  • Integrated Channel
  • Products / Services
  • Fleksible Infrastructures / Processes
  • Outsources / In-house Core Competencies

3. Pemilihan Fokus (choose a focus)
  • Tidak ada perusahaan yang unggul dalam semua dimensi bisnis: biaya, kualitas, harga, kenyamanan dan kemudahan penggunaan
  • Perusahaan harus memilih fokus yang sesuai
  • Jenis fokus yang dapat dipilih:
  • Service excellence (Pergeseran Ekspektasi Layanan Pelanggan), contoh perusahaan American Express (Amex)
  • Operation excellence (Pergeseran Ekspektasi Operasi), contoh perusahaan Dell Computer
  • Continuous–innovation excellence (Pergerseran Ekspektasi Operasi), contoh perusahaan Cisco Systems

4. Ekseskusi secara sempurna (execute flawlessly).
Bagaimana mengimplementasikan rancangan yang dibuat:
  • Bagaimana cara mencapai tujuan dengan mempertimbangkan kondisi saat ini
  • Bagaimana mengintegrasikan infrastruktur yang ada agar sesuai dengan kebutuhan strategi e-Bisnis


Kunci pengembangan E-Bisnis

Fokus pada pelanggan
  • Pengembangan nilai merupakan proses yang berkelanjutan
  • Transformasi proses bisnis ke dalam bentuk digital
  • Desentralisasi manajemen, sentralisasi koordinasi
  • Membuat arsitektur aplikasi e-Bisnis
  • Melakukan integrasi dengan mempertimbangkan perkembangan dan perubahan

Menentukan perangkat lunak pendukung
  • Membeli software siap pakai
  • Membuat sendiri oleh tim IT pada perusahaan
  • Pembelian modul baru dan menghubungkan dengan modul aplikasi e-commerce yang sudah ada disesuaikan dengan visi perusahaan
  • menggunakan perangkat lainnya atau perangkat alternatif

Tahapan membuat rancangan ebisnis
  • Menentukan Produk
  • Melakukan riset pasar
  • Mengumpulkan model Content
  • Membeli nama Domain
  • Menentukan Server Hosting
  • Web Design dan Programming
  • Mempromosikan Website