Digital Market (Pasar Digital)

Faktor Biaya Pembeli
  • Product Price (Harga Produk)
  • Total jumlah biaya yang harus dibayar untuk membeli produk / jasa yang ditawarkan, di dalamnya termasuk biaya produksi, manajemen dan keuntungan.
Search Costs (Biaya Pencarian Produk)
Biaya yang diperlukan pembeli untuk mencari produk / jasa, di dalamnya termasuk waktu, biaya dan tenaga.

Risk Cost (Biaya Risiko)
Faktor biaya yang harus diperhitungkan sehubungan dengan proses / aktivitas pembelian


Ada 3 macam biaya risiko:
  • Economic Risk: kemungkinan biaya hilangnya uang dalam proses pembelian
  • Performance Risk: kemungkinan tidak didapatkannya kualitas produk seperti yang diharapkan
  • Personal Risk: kemungkinan adanya kerugian lain yang dapat menimpa individu sehubungan dengan metode pembelian yang dipilih. Distribution Costs (Biaya Distribusi)
    • Biaya pengiriman produk harus ditanggung oleh calon pembeli | Sales Tax (Pajak Penjualan)
    • Besar pajak yang harus ditanggung pembeli ketika membeli produk / jasa | Market Costs (Biaya Pasar)
    • Biaya yang dikeluarkan oleh pembeli untuk dapat berpartisipasi / masuk ke pasar tertentu dengan tujuan melakukan jual beli.

Perbandingan Faktor Biaya Pembeli antara Pasar Tradisional dan Pasar Digital
  • Product Price | Lebih Tinggi | Lebih Rendah
  • Search Price | Lebih Tinggi | Lebih Rendah
  • Risk Costs | Lebih Rendah | Lebih Tinggi
  • Distribution Costs | Lebih Rendah | Lebih Tinggi
  • Sales Tax | Lebih Tinggi | Lebih Rendah
  • Market Costs | Lebih Rendah | Lebih Tinggi

Faktor Biaya Penjual
  • Marketing and Advertising Costs (Biaya Pemasaran dan Iklan); biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam usaha memasarkan produknya
  • Overhead Costs (Biaya Tetap); biaya tetap yang harus dikeluarkan oleh perusahaan dalam mengelola aktivitas bisnis sehari-hari, terutama yang berkaitan dengan penjualan produk / jasa.
  • Inventory Costs (Biaya Penyimpanan); biaya total yang harus dialokasikan karena tidak menentunya permintaan (demand) terhadap produk yang ada sehingga perusahaan harus memiliki persediaan barang yang cukup
  • Production Cost (Biaya Produksi); biaya total yang dibutuhkan untuk menciptakan produk dari bahan mental atau bahan baku (setengah jadi).
  • Distribution Costs (Biaya Distribusi); biaya yang harus dikeluarkan perusahaan untuk mendistribusikan produknya ke tangan pelanggan baik langsung maupun melalui wholesaler / retailer.

Fungsi Perantara
  • Pada pasar tradisional perantara berupa: agen tunggal, distributor, pengecer adalah mendistribusikan barang / jasa dari produsen ke pemakai.
  • Pada pasar digital, produsen dapat langsung mengakses pemakai tanpa melalui perantara lagi. Bentuk perantara pada Pasar Digital adalah:
    • Value Creator dan Service Agragator yang terpisah dari produsen. Contoh: Auto by Tel dan Microsoft's Carpoint yang menciptakan value baru dengan melakukan agregasi berbagai produk yang berasal dari produsen mobil. Contoh lain: Travelocity maupun Expedia untuk tour.
    • Fasilitas untuk menurunkan Search Costs. Contoh: Search Agents: comparenet.com.

Kompetisi Pasar Digital
  • Digitalisasi pasar, membuat kreativitas penjual berkembang, jumlah jenis produk tidak terbatas tempat fisik.
  • Customization merupakan hal yang penting
  • Contoh : Dell Computer dengan program building-to-order.
  • Diferensiasi dan kepuasan pelanggan memberikan switching costs bagi pembeli yang akan berpindah ke penjual lainnya.
  • Contoh : recommendation engine dari Amazon.com memudahkan pembeli mendapat informasi terbaru mengenai buku yang biasa beli.
  • Contoh lain : program frequent flyer.
  • Pada Pasar Digital, persaingan akan berada pada diferensiasi produk dan switching costs.


Lanjutkan baca : Trust pada eCommerce